'GOALS SETTING' AWAL TAHUN

  • 0
"Aku sesuai persangkaan hamba-Ku."
(H.R. Bukhari, Muslim, Tirmidzi, Nasa'i dan Ibn Majah)


Apa yang ingin saya capai dalam setahun ini? Apa yang harus saya lakukan dalam 12 bulan ini untuk mencapai apa yang saya inginkan? Bgaimana keadaan saya dalam 52 minggu dari sekarang? Bagaimana seharusnya keadaan saya dari segi spiritual, emosional, hubungan sosial, finansial dan sebagainya sekitar 365 hari mendatang. Untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, saya harus membuat perencanaan dari sekarang.

"The ability to set goals and make plans for their accomplishment is the master skill of success."
(Kemampuan untuk menentukan target dan membuat perecanaan untuk mecapainya adalah keterampilan utama untuk mencapai sukses)
Bryan Tracy


Goals bagaikan magnet yang akan menarik kita untuk memikirkan bagaimana cara mencapainya, juga menjadi magnet untuk menarik orang-orang yang akan mendukung goals kita. Goals akan mengaktifkan kekuatan pikiran bawah sadar (sub-conscious mind) kita agar mencari cara untuk mewujudkannya.

Sebelum ini saya pernah memiliki beberapa
goals yang ingin saya capai untuk kebaikan diri saya dan orang-orang yang saya cintai. Tapi sebagian goals saya sebelum ini kurang
jelas, tidak spesifik dan hampir semuanya tidak tertulis. Kali ini saya mempunyai rumus untuk mengatasi masalah ini. Rumusnya adalah,

"Saya harus menyusun rencana yang jelas, spesifik dan tertulis tentang masa depan saya, dan memiliki perencanaan tentang bagaimana merealisasikan rencana tersebut."

Goals yang direncanakan haruslah mencakup unsur SMART. Specific, Measurable, Achievable, Realistic dan Timebound.

Akhirnya, berikut ini adalah beberapa strategi untuk menyusun goals yang saya kutip dari buku
'Fight Like A Tiger Win Like A Champion'.
  1. Pastikan bahwa goals yang Anda susun adalah suatu hal yang benar-benar Anda inginkan, bukan merupakan sesuatu yang hanya terdengar indah
  2. Tulislah goals Anda dalam suatu pernyataan yang spesifik dan positif
  3. Pikirkanlah dan kaji ulang goals Anda setiap hari
  4. Buatlah perencanaan yang rinci untuk mewujudkan goals Anda
  5. Buatlah monitoring system umtuk memantau perkembangan Anda
  6. Bersiaplah untuk membayar harganya
  7. Ceritakanlah goals Anda kepada orang-orang yang dapat mendorong Anda untuk mencapainya
  8. Ambillah tindakan apa pun untuk mewujudkan goals Anda
Selama tidak ada yang tidak mungkin bagi Allah (dan memang tidak ada yang tidak mungkin bagi Allah), maka tidak ada pula yang tidak mungkin bagi kita.*

Catatan:
  • Dalam The Secret, hukum tarik-menarik (law of attraction) mengatakan bahwa kemiripan akan menarik kemiripan. Jadi, ketika Anda memikirkan suatu pikiran, Anda juga menarik pikiran-pikiran serupa kepada diri Anda. Pikiran yang sedang Anda pikirkan saat ini sedang menciptakan kehidupan masa depan Anda. Apa yang paling Anda pikirkan atau fokuskan akan muncul sebagai hidup Anda.
  • Saya menyarankan supaya Anda menjadikan awal tahun ini sebagai momentum untuk menjadi lebih baik. Saya menyarankan supaya Anda menyusun resolusi dan goals yang ingin Anda capai pada tahun ini.
  • Contoh resolusi tahun 2010 bisa di lihat di sini.

No comments:

Post a Comment