TIPS NAIK BUS (SAMBUNGAN)

  • 0
Sambungan dari TIPS NAIK BUS

4. Membawa topi dan sapu tangan

Dulu saya sering membawa topi dan sapu tangan ketika melakukan perjalanan. Tapi sejak topi EIGER saya hilang di Soekarno-Hatta Airport, Jakarta, saya tidak pernah lagi membeli topi. Ditambah pula sebagian kawan-kawan saya menganggap memakai topi adalah perbuatan yang tidak tsiqah bagi seorang pelajar agama. :)

Terlepas dari hal di atas, topi dan sapu tangan akan digunakan ketika hendak tidur. Saya akan menutup wajah dengan meletakkan sapu tangan di atas muka sapu tangan kemudian memakai topi sehingga sapu tangan terselit dengan topi dan tidak jatuh. Namun jika sapu tangan berukuran lebar, sapu tangan dapat diikat begitu saja di kepala supaya tidak jatuh dan topi tidak lagi diperlukan. :)

Untuk apa hal ini dilakukan? Sebelum saya jawab, coba bayangkan wajah anda ketika sedang tidur! Saya harap itu dapat memberi jawaban kenapa kita perlu menutup wajah ketika tidur di dalam kendaraan atau tempat umum. :D
Selain untuk tidur, tips ini juga berguna untuk mengelak dari pengamen. He he he...

Bagi yang tidak tahu apa itu pengamen, pengamen adalah pemain musik jalanan. Kita bisa menemukan pengamen di kot-kota besar di Indonesia, khususnya di pulau Jawa. Mereka biasanya beroperasi di tempat-tempat umum seperti persimpangan jalan, pertokoan, warung makan, terminal bus, termasuk di dalam bus. Setelah menyanyikan beberapa lagu, mereka akan berkeliling untuk meminta duit dari semua penumpang bus. Permintaan maaf dari sebagian penumpang sebagai isyarat sopan untuk tidak memberi duit terkadang tidak bisa diterima oleh sebagian pengamen. Sehingga ada pengamen yang bertindak mengintimidasi penumpang tersebut dengan berbagai cara supaya akhirnya dia tetap memberi mereka duit atau sekurang-kurangnya mempermalukan penumpang itu.

Jika tidak ingin memberi mereka duit, cara yang terbaik adalah dengan tidur atau berpura-pura tidur sambil menutup muka seperti tips di atas. He he he...

Menutup wajah bisa juga dilakukan dengan buku, surat kabar atau yang lainnya. Hanya saja ruang pernafasan saya agak terhalang jika menutup wajah selain dengan sapu tangan. Di samping itu, menutup wajah dengan selain sapu tangan juga mudah jatuh sehingga dapat mengganggu tidur.
5. Bawa duit kecil

Duit biasanya berguna untuk bayaran masuk toilet. Duit kecil juga berguna untuk menyelamatkan diri dari pengamen. Cukup beri mereka duit dalam jumlah kecil, itu sudah cukup untuk membuat mereka pergi. :)

6. Kalau tiada apa yang hendak dilakukan, berzikirlah!

Tidak sedikit orang yang meninggal dunia dalam perjalanan. Kita tidak pernah tahu tempat dan saat maut datang menjemput. Oleh sebab itu, bersedialah selalu. Semoga akhir hayat kita dimatikan dalam keadaan husn al-khatimah. Amin!

No comments:

Post a Comment