BAYAR SEMUA TAGIHAN CC ANDA

  • 1
Kenapa dalam entry CREDIT CARD UNTUK MODAL USAHA saya meminta supaya semua tagihan bulanan cc perlu dibayar penuh. Pembayaran mesti bisa menutup semua tagihan. Jangan ada yang tersisa sedikitpun. Ingin tahu kenapa?

Begini! Jika Anda berhutang dengan cc, Anda akan mendapat surat tagihan secara rutin setiap bulannya. Sebenarnya, pihak bank hanya meminta Anda untuk membayar sekurang-kurangnya 5% dari total tagihan. Tapi jika Anda mematuhi permintaan bank dengan hanya membayar 5% dari total tagihan, ini adalah SALAH BESAR.

Sebagai gambaran, Anda berhutang dengan cc sebanyak $ 500. Jika Anda hanya mebayar 5% dari total tagihan, yaitu $ 25, tempo yang diperlukan untuk menghabiskan hutang $ 500 tersebut adalah selama 68 bulan atau sama dengan 5 tahun 8 bulan. Dan jumlah "sedekah" yang Anda berikan ke bank dengan ikhlas adalah sebanyak $177.

Itu kalau hutang Anda hanya $ 500. Kalau dalam tempo 5 tahun 8 bulan itu Anda menambah lagi hutang cc Anda dan hanya membayar 5% dari total tagihan setiap bulan, maka waktu yang diperlukan untuk membayarnya akan semakin lama.


Catatan:

Anda tidak perlu merasakannya dulu, baru mau mengakui kebenarannya. Jangan tunggu terhantuk, baru tengadah. Orang bijak adalah orang yang belajar dari kesalahan orang lain.

Cc adalah salah satu fasilitas yang baik jika digunakan dengan benar. Cc hanyalah sebuah alat, sama seperti pisau. Jika tahu bagaimana menggunakannya, maka urusan Anda menjadi lebih mudah dengannya. Tapi jika tidak tahu menggunakannya, awas! Anda bisa jadi sedang dalam bahaya.

Secara umumnya kredit yang lain juga menggunakan konsep yang hampir sama dengan cc. Jika Anda masih memiliki hutang rumah atau kendaraan di bank, jangan bayar dengan bayaran minimal. Usahakan bayar lebih. Anda akan mempersingkat tempo bayaran dan menghemat "sedekah" ke bank jika secara konsisten mampu membayar lebih dari bayaran minimal. Saya akan membahasnya lebih lanjut dalam entry yang lain, insya Allah.

1 comment:

  1. Kesimpulannya : kalau punya hutang ya bayarlah dengan benar dan tepat waktu ya. Salam kenal.

    ReplyDelete