TENTANG FINANCIAL FREEDOM

  • 0
Robert T Kiyosaki mengatakan bahwa orang kaya tidak diukur dari berapa besar active income. Seseorang disebut kaya jika passive income-nya lebih besar daripada biaya hidup. Yang dimaksud passive income adalah duit yang masuk tanpa harus bekerja. Orang yang mencapai tahap ini disebut juga telah mencapai financial freedom, bebas keuangan.

Namun hal ini bukan berarti jika seseorang telah mencapai financial freedom wajib berhenti bekerja. Sama sekali tidak begitu. Seorang yang sudah mencapai financial freedom boleh memilih untuk terus bekerja atau memilih untuk berhenti bekerja.

Sedangkan orang yang belum mencapai financial freedom, tidak ada pilihan lain kecuali harus terus bekerja bagi membiayai keperluan hidupnya.

Lalu apakah jika seseorang yang telah mencapai financial freedom tapi dia memilih untuk terus bekerja bisa dikatakan sebagai orang yang tamak? Jika cara yang ditempuh olehnya untuk mencapai financial freedom tidak salah dari segi agama, hukum maupun etika, maka kita tidak berhak menuduhnya demikian. Jika dia masih bekerja, itu tidak bermakna dia tamak. Tapi dia masih bekerja karena dia memang menyukai pekerjaannya. Dia menyukai pekerjaannya dan akan tetap melakukannya walaupun tidak dibayar.

No comments:

Post a Comment