TEGURAN SATU MENIT

  • 2
Teguran Satu Menit (TSM) adalah salah satu dari 3 kaedah efektif dalam mendisiplinkan anak-anak menurut buku The One Minute Father (OMF) tulisan Spencer Johnson, M.D. Sebagai salah seorang warden di asrama MTNP, saya ingin mencuba untuk menggunakan cara ini dalam mendisiplikan pelajar-pelajar saya.

Bagi mengukuhkan kefahaman dan tindakan saya dalam menerapkan cara ini, maka saya merasa perlu menuliskannya di dalam blog ini. :)

TSM bisa berhasil dengan baik jika:
  1. Saya mengatakan terlebih dahulu kepada pelajar-pelajar saya bahwa saya akan menegur mereka jika mereka melakukan kesalahan.
  2. Saya perlu menegur mereka sesegera mungkin.
  3. Saya sebutkan secara spesifik apa yang telah mereka lakukan.
  4. Saya katakan kepada mereka dengan tegas apa yang saya rasakan akibat perbuatan mereka tersebut.
  5. saya akan diam selama beberap detik yang tak menyenangkan dan terasa panjang-supaya mereka bisa merasakan apa yang saya rasakan.
  6. Kemudian saya akan menenangkan diri lalu menyentuh mereka dengan cara yang membuat mereka merasa bahwa saya berada di pihak mereka.
  7. Saya mengingatkan mereka bahwa meskipun tindakan yang mereka lakukan adalah tidak baik, namun menurut mereka adalah anak yang baik.
  8. Saya katakan kepada mereka, "Saya menegur karena sayang". Dan saya tepuk pundak mereka. Ketika TSM berakhir maka semuanya selesai. Saya tidak akan menyebutkan lagi kesalahan itu di kemudian hari.
  9. Kemudian saya akan mendengar apapun yang ingin mereka katakan kepada saya.
  10. Saya sadar, meski[un hanya memerlukan satu menit untuk melakukan TSM kepada mereka dengan rasa sayang, keuntungan yang saya terima akan berlangsung seumur hidup.

Pada masa yang akan datang insya Allah saya akan turut berkongsi tentang kaedah Pujian Satu Menit dan Tujuan Satu Menit. :)

2 comments:

  1. Tarbiyyah itu berterusan biarpun satu Minit. Alangkah untungnya hidup para murabbi yang murabitun.. JazakumuLLah akhi atas artikel ini.

    ReplyDelete