BAGAIMANA MENDAPAT MANFAAT DARI BUKU?

  • 1
Ketika membeli buku dari bookplanet.com, saya mendapat buku pesanan saya beserta artikel bertajuk "How to benefits from books" yang ditulis oleh Azizi Ali. Dalam artikel tersebut Azizi Ali menerangkan cara yang efektif dan efiesien untuk mendapat manfaat dari buku yang kita baca.

Pertama, kita mesti membaca sekurang-kurangnya 3 kali. Karena kita akan lebih faham isi kandungan buku dengan lebih baik dan boleh jadi ada hal-hal yang terlewatkan jika kita hanya membaca sekali saja.

Kedua, kita mesti memberi tanda pada setiap point penting yang kita baca. Kita bisa menandakan dengan menggarisbawahi atau mewarnakannya dengan highliter. Hal ini nantinya akan memudahkan serta menghemat waktu dan kerja kita ketika ingin merujuknya kembali. Jangan khawatir tanda-tanda itu mencacatkan buku. Ingat! Buku untuk dimanfaatkan, bukan sekedar untuk dipajang.

Terakhir, kita harus me-review buku yang sudah kita baca berkali-kali. Setidaknya setahun sekali. Hanya dengan begitu kita akan tetap mengingat kandungan-kandungan penting dari buku tersebut dan kembali mendapat manfaat dari ilmu di dalamnya.

Dari ketiga cara tersebut dapat disimpulkan bahwa untuk mendapat manfaat dari sebuah buku, kita mesti memilikinya. Harga sebuah buku lebih kurang seperti biaya makan kita sehari. Jadi semua orang mampu membeli sebuah buku. Kita bisa saja tidak makan sehari. Hal ini tidak akan membunuh kita. Tapi terkadang ilmu yang terkandung dalam sebuah buku bisa membuat kita dan keluarga kita makan seumur hidup.

Sangat disayangkan budaya membaca masih sangat kurang dalam masyarakat kita. Jika Anda membaca sebuah buku sebulan, Anda termasuk ke dalam 10% popolasi dunia yang mengamalkan dunia membaca.

Ingatlah! Wahyu yang pertama kali diturunkan ke atas Nabi Muhammad SAW adalah perintah membaca. Padahal Nabi SAW dan mayoritas masyarakat pada waktu itu tidak tahu membaca. Namun beberapa puluh tahun setelah perintah itu turun, dengan izin Allah SWT, masyarakat yang sebelumnya buta huruf dapat menerangi 2/3 permukaan bumi dengan cahaya iman.

Wallahu ta'ala a'lam bi al-shawwab

1 comment:

  1. yep btul, my keadah ada 1 buku utk catatkan isi,

    btw,sabtu lepas tarikh tutup contest untuk entry azam tahun 2010.terima kasih kerana sudi join. contest utk like gambar azam 2011 masih berterusan sehingga
    25th Jan 2011. saya ada sharekan cara utk 'like'di blog saya: Cara Like Gambar Facebook
    Berikut adalah link untuk terus ke album azam 2011 di facebook page matjoe.com: Album Azam 2011

    p/s: so far rasanya your 'like' di 3rd place

    ReplyDelete