TIPS NAIK BUS

  • 2
Saya berpengalaman naik bus antar daerah sejak berusia 12 tahun. Ketika itu saya bersekolah di Maahad Jeumala Amal, Lueng Putu, Aceh Pidie. Jarak antara rumah dan sekolah saya itu lebih dari 250 km dan memakan waktu hampir 3 jam.

Sejak itu sampai sekarang tidak terhitung sudah berapa kali saya menumpang bus. Sekarang ini hampir setiap hari cuti saya akan menempuh perjalanan Kuantan-Seremban yang memakan waktu 4-5 jam perjalanan.

Waktu perjalanan paling lama yang pernah saya rasakan adalah selama 4 hari 5 malam, yaitu ketika melakukan perjalanan dari Banda Aceh ke Jakarta dengan menumpang bus Pelangi pada tahun 2002. Sungguh pengalaman yang sangat luar biasa bagi saya. :D

Dari pengalaman-pengalaman tersebut ada beberapa hal yang biasanya saya amalkan:

1. Bertukar tempat duduk

Jika di sebelah saya seorang perempuan, maka saya akan mulai memperhatikan penumpang bus yang lain. Saya mencari penumpang laki dan perempuan lain yang juga duduk bersebelahan. Jika saya dapat menyimpulkan bahwa mereka tiada hubungan apa-apa, pada waktu yang tepat saya akan menawarkan kepada penumpang perempuan di sebelah penumpang laki tersebut untuk bertukar tempat dengan saya.

Ini saya lakukan karena saya lebih nyaman duduk di samping penumpang laki daripada penumpang perempuan. Menurut saya hal ini juga lebih terhormat dan mulia bagi saya dan juga kedua penumpang perempuan tadi. Sampai saat ini cara ini belum pernah gagal, alhamdulillah. :)

2. Membawa bahan bacaan

Untuk mengisi waktu selama di dalam perjalanan, saya akan membawa sesuatu untuk dibaca. Bisa berupa surat kabar, majalah, buku atau al-Quran. Hanya saja hal ini tidak sesuai dilakukan pada waktu malam. Jika terlupa membawa bahan bacaan, saya memilih untuk berkenalan, berbicara dan bertukar fikiran dengan penumpang di sebelah saya. Karena saya merasa alangkah rugi jika waktu yang ada disia-siakan begitu saja dengan tidur sepanjang perjalanan.

3. Membawa bekalan makanan dan minuman jika perlu

Makanan dan minuman hendaklah dibawa dari rumah atau dibeli sebelum pergi ke terminal. Karena biasanya harga makanan dan minuman di sekitar terminal lebih mahal. Jika membawa makanan untuk dimakan di dalam perjalanan, upayakan untuk turut mempersiapkan juga bagi penumpang di sebelah. :) Kalau tidak ingin membawa makanan, usahakan untuk tetap membawa minuman.

Bersambung...

Catatan:

Tips di atas juga boleh digunakan ketika menaiki kendaraan umum yang lain seperti kereta api, fery, dan lainnya yang dikira sesuai.

2 comments:

  1. 4 hari 5 malam?? Lamanya...

    ReplyDelete
  2. @abang ensem

    Memang lama. Kalau normal pun dalam 3 hari 4 malam.

    Yang jadi 4 hari 5 malam tu sebab bas yang saya naik tu langgar orang. So, driver bas kena tahan kat balai polis beberapa jam.

    Lepas tu bas pun rosak tengah jalan. Jadi kena tunggu bas pengganti datang ambik kami.

    Selain tu bas kena berhenti 3-4 kali sehari supaya penumpang boleh makan, solat dan mandi.

    Boleh buat entry khas ni. :)

    ReplyDelete