B-E-J, VIRUS BERBAHAYA

  • 0
Disengaja atau tidak, disadari atau tidak, kita semua pernah terkena virus BEJ. Bahkan seorang dokter sekalipun tidak terlepas dari virus yang satu ini. Apabila tidak segera diobati, masa depan orang yang dihinggapi virus berbahaya ini bisa dipastikan akan menjadi suram. Sebegitu berbahayanya virus yang satu ini.

Untuk menghindari dan mengobati suatu virus atau penyakit, tentu kita harus terlebih dulu mengetahui tentang virus atau penyakit tersebut. Begitu juga dengan virus ini. Berikut ini adalah sedikit penjelasan tentang virus BEJ ini.

BEJ adalah singkatan dari BlameExcuseJustifySiapapun yang terkena virus BEJ ini hidupnya akan selalu bermasalah atau selalu hidup dalam masalah. Kecuali jika dia segera menyadari dan mengobati dirinya.

Blame (menyalahkan). Suka menyalahkan orang lain, menyalahkan keadaan, menyalahkan situasi dan sebagainya, orang seperti ini tidak akan belajar dari kesalahannya. Dan orang yang tidak belajar dari kesalahannya adalah orang yang sangat malang.

Excuse (beralasan). Suka membuat-buat alasan untuk menghindari tanggung jawab, seperti mengatakan saya masih terlalu muda untuk hal tersebut atau terlalu tua, cuma lulusan ini atau itu, saya tidak berbakat, saya cuma...., saya tidak...., nanti saja kalau momennya udah pas, waktunya masih lama, hal itu sulit sekali dan berbagai lasan lainnya. Orang seperti tidak akan bertindak karena alasan-alasan tersebut telah menutup jalannya untuk menjadi lebih baik.

Justify (justifikasi) atau melakukan pembenaran terhadap suatu kesalahan. Yaitu upaya seseorang untuk menutupi kelemahan, kesalahan atau kemalasannya untuk berubah menjadi lebih baik dengan membenarkan keadaan atau tindakannya yang salah sebagai suatu hal yang wajar-wajar saja.

Malangnya, apapun yang dikatakan oleh orang yang suka BEJ ini memang ada benarnya sehingga semakin dia melakukan BEJ, semakin sulit baginya untuk keluar dari masalah. Jadi, apakah yang seharusnya dilakukan oleh seseorang untuk menghindari BEJ?

Ketika melihat suatu masalah, hadapilah kenyataan itu, akuilah hal tersebut. Jangan berpura-pura dan menipu diri sendiri dengan lari dari tanggung jawab. Tidak ada salahnya mengakui kekurangan dan kesalahan diri, tapi salah besar jika berdusta dan berpura-pura bahwa yang dilakukan itu adalah benar.

Kekurangan dan kesalahan bisa diperbaiki. Tapi berdusta dan bersikap pura-pura bisa menjadi penutup jalan perbaikan. Bertanggungjawablah atas setiap masalah yang terjadi! Kemudian cari pilihan-pilihan solusi yang ada dan pilihlah solusi yang terbaik.

Fokus pada solusi, bukan pada masalah!

Siapapun diri Anda? Apapun status dan profesi Anda? Bagaimanapun keadaan Anda sekarang? Di manapun Anda berada? Bila sedang terjangkiti virus BEJ ini, segera lawan virus ini sekarang juga! Dan jangan sampai terulangi lagiI Dan usahakan juga agar orang-orang di sekitar kehidupan Anda turut terhindar dari virus berbahaya ini. Karena kalau bukan Anda, siapa lagi? Kalau bukan sekarang kapan lagi?

Wallahu ta'ala a'lam.

No comments:

Post a Comment