KIRA-KIRA 10% SEDIKIT ATAU BANYAK?

  • 1
Bukankah kita selalu berdoa kepada Allah supaya dilimpahkan rezeki. Dan bukankah kita selalu diberi rezeki oleh Al-Razzaq, Yang Maha Memberi Rezeki? Allah hanya 'minta' 2,5% per tahun dari rezeki harta kita untuk disisihkan kepada golongan dhu'afa' sekaligus untuk mensucikan harta kita. Itupun hanya dari rezeki harta, tidak termasuk rezeki yang lain, dan itupun kalau cukup nishab (kadar minimal wajib zakat) dan haul (cukup setahun).

Bukankah 2,5% itu sangat sedikit? Tapi ramai orang yang mengabaikannya bahkan enggan menunaikannya. Sehingga Khalifah al-Rasyid Abu Bakar R.A. pernah memerangi orang yang enggan memenuhi kewajiban zakat.

Alhamdulillah! Syukur bagi yang telah mampu memenuhi kewajiban tersebut dengan sempurna. Tapi, bukankah 2,5% sangat sedikit? Bagaimana kalau kita coba tingkatkan jadi 10%. Bukankah zakat itu sedekah yang wajib? Bagimana dengan sedekah yang sunat?

Kira-kira bagaimana? Sepertinya 10% masih terasa banyak ya?

Bagaimana kalau begini! Jika Anda diberi modal oleh investor sekian juta untuk dikelola. Kemudian investor tersebut cuma minta jatah 10%, sisanya 90% semuanya untuk Anda. Kira-kira bagaimana? Tentu bagian untuknya sangat sedikit bukan? Tapi kenapa untuk menyisihkan harta 10% untuk yang satu ini terasa begitu berat?

Mungkin kita lupa bahwa Allah sebagai 'investor' dan kita hanya pengelola. Atau mungkin karena kita terlalu fokus pada apa yang kita beri, bukan pada yang kita terima. Mungkin juga karena kita merasa rezeki harta yang kita dapat adalah hasil jerih payah kita dan sepenuhnya milik kita, sehingga kita lupa bahwa sebenarnya hanya dengan izin Allah rezeki itu bisa kita terima.
Jadi, jangan takut miskin karena sedekah! Dan jangan takut sedekah karena miskin! Kaya memang penting. Tapi sedekah jauh lebih penting dari kaya. Jangan pernah menunggu kaya baru bersedekah. Tapi bersedekahlah maka Anda akan tambah kaya. Sedekah membawa berkah!

Ingatlah bahwa Allah Maha Kaya (Al-Ghany) dan Maha Memberi Kekayaan (Al-Mughny).

Mudah-mudahan sempena awal tahun baru Hijriah dan Masehi ini kita bisa sepakat untuk menyisihkan 10% dari rezeki harta kita untuk ibadah sosial karena sebenarnya 10% itu adalah sedikit. Jadi, banyak-banyaklah bersedekah! Dan bersedekahlah banyak-banyak! Jika kita tidak ragu-ragu untuk bersedekah, mudah-mudahan Allah juga tidak ragu-ragu menambah rezeki kita.

1 comment:

  1. مثل الذين ينفقون أمالهم في سبيل الله كمثل حبة من أنبتت سبع سنابيل في كل سنبلة مائة حبة والله يضاعف لمن يشآء والله واسع عليم

    ReplyDelete