SEMUA ORANG BISA MENJADI KAYA

  • 0
Sebelum membahas bagaimana semua orang bisa kaya, kita harus sepakat terlebih dahulu mengenai definisi kaya. Kaya adalah relatif. Sabagian orang merasa kaya ketika mempunyai uang sepuluh juta rupiah. Sebagian orang merasa tidak kaya walaupun sudah memiliki uang sepuluh miliar rupiah.

Robert T. Kiyosaki berpendapat bahwa orang kaya adalah apabila passive income-nya lebih besar daripada biaya hidup. Yang dimaksud dengan passive income di sini adalah uang yang masuk tanpa harus bekerja (financial freedom).

Passive income bisa kita capai dengan cara yang lambat atau cepat.
Bagaimana kaya dengan cepat? Adalah bagaimana menciptakan massive income?
Bagaimana kaya dengan aman? Adalah bagaimana menciptakan passive income?

Bagaimana menjadi kaya dengan cepat dan aman adalah kebalikan dari kenapa orang tidak kaya yang sudah dibahas sebelumnya, yaitu:

Memiliki keyakinan yang benar dan bulat untuk menjadi kaya
Apa itu keyakinanya? Sesuatu yang kita yakini di dalam batin kita yang secara sadar atau tidak sadar menentukan sikap dan tindakan kita dalam hidup. Pentingnya keyakinan yang benar. Sesuatu yang masuk dalam diri kita dan kita yakini mempunyai pengaruh yang besar dan luar biasa untuk mengubah kita. Keyakinan datang dari pengalaman kita, dari apa yang kita baca, apa yang kita dengar, dan apa yang kita rasakan. Baik secara sadar maupun secara tidak sadar, keyakinan itu melandasi cara kita berpikir, berebicara, bertindak di masa sekarang serata di masa depan. Dan sering kali apa yang kita yakini menjadi kenyataan bagi kita. Sesuai dengan hukum tarik-menarik.

Menetapkan tujuan yang jelas dan mantap
Aktivitas tidak sama dengan produkvitas. Dalam hidup ini kita sering kali terjebak dalam aktivitas tanpa produktivitas karena kita tak menentukan tujuan yang jelas dalam hidup kita.
>Prinsip Dalam Menentukan Tujuan
-Tujuan harus dirumuskan dalam kata-kata positif dan lebih bagus lagi dalam bentuk kata-kata “sudah” dan tambahkan kata-kata positif secara emosi.
-Tujuan harus spesifik karena otak bawah sadar kita butuh tujuan yang mantap dan spesifik.
-Tujuan harus tertulis, Ketika menulis goal, tanpa sadar kita sudah menuangkan impian yang kabur manjadi kenyataan. Kita mengaktifkan RAS (reticular active system) dalam otak kita. RAS ini adalah alat di rudal yang berfungsi untuk mengejar target dan mengoreksi langkah bila salah arah sampai akhirnya rudal tersebut mengenai target.

Menumbuhkan keyakinan untuk mencapai tujuan

Merasa harus mencapai tujuan kita

Memiliki strategi yang terbukti membantu kita menjadi kaya dengan cepat dan aman

Mengetahui dan menggunakan jalur yang alamiah dan mudah

Membuat rencana yang realistis

Bertindak sesuai rencana dan memonitor proses

Bertanggung jawab untuk terus belajar dan bertindak

Ringkasan Financial Revolution oleh Tung Desem Waringin

No comments:

Post a Comment