DHUHA EVERYDAY

  • 2
Demi waktu dhuha! (al-Dhuha: 1)

Demi matahari dan sinarnya pada waktu dhuha! (al-Syams: 1)

Dua ayat Alqur'an di atas seharusnya sudah cukup untuk menarik perhatian kita terhadap keistimewaan waktu dhuha yang ingin Allah tekankan di dalam kitab-Nya yang mulia.

Hadis Rasulullah SAW, "Doa keselamatan yang datang dari salah seorang di antara kamu sekalian akan menjadi sebuah amal sedekah. Setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, setiap suruhan kepada kebaikan adalah sedekah, dan larangan kemunkaran adelah sedekah. Sedekah juga dapat diperoleh melalui shalat dhuha 2 rakaat" (H.R. Bukhari no. 2989, Muslim no. 1668).

Dalam hadis yang lain, "Dalam tubuh manusia terdapat 360 persendian (ruas tulang), maka wajib bagi setiap persendian diberi sedekah. Lalu mereka bertanya, siapa yang mampu melaksanakan semua itu wahai Rasulullah? Nabi SAW menjawab, kamu cukup menutup (membersihkan) air ludah yang ada di dalam masjid dan menyingkirkan sesuatu yang menghalangi jalan …. lanjutannya …. Jika itu semua tidak mampu engkau laksanakan, cukuplah bagimu melaksanakan 2 rakaat shalat dhuha" (H.R. Abu Daud, Kitab Shalat no. 1285, 1286, 5243).

Mengeluarkan sedekah untuk setiap persendian merupakan ungkapan rasa syukur atau terimakasih kepada Allah atas nikmat tubuh badan. Alangkah tidak berterimakasihnya kita jika selama ini telah memanfaatkan tubuh untuk melakukan berbagai hal, bahkan terkadang melakukan maksiat kepada Allah, namun tidak pernah sekalipun melakukan shalat dhuha.


Kesimpulannya tubuh kita punya sekitar 360 persendian yang perlu diberi sedekah.
Salah satu caranya dengan shalat dhuha, karena shalat dhuha juga merupakan sedekah. Mari melakukan shalat dhuha (minimal 2 rakaat) setiap hari. Dhuha everyday!

Saya yakin kita semua sepakat bahwa mengerjakan dua rakaat pada waktu dhuha bukanlah suatu perkara yang berat dan sulit. Maka, marilah kita ungkapkan rasa syukur kepada Allah atas nikmat-Nya berupa 360 persendian (ruas tulang) yang kita miliki. Marilah kita berlomba menjadi hamba Allah yang rajin bersyukur.

Mulai sekarang, tanamkanlah di dalam hati bahwa kita setiap hari berhutang kepada Allah. Dan hutang tersebut baru lunas setelah kita melaksanakan minimal 2 rakaat shalat dhuha.

Semoga Allah, yang kita tiada berdaya dan upaya kecuali dengan izin-Nya, memberi kita taufiq dan hidayah agar kita mampu melaksanakan apa yg telah kita ketahui. Amin!

Catatan:

Di kalangan peserta Entrepreneur University (universitasnya para pengusaha sukses, insya Allah), shalat dhuha dikenal dengan shalat pengusaha. Karena shalat dhuha salah satu kunci meraih rezeki sepanjang hari.

2 comments:

  1. salam..menarik post enta..icol,i.allah enta dah blh komen kat blog ana..jmput ya!

    ReplyDelete
  2. salam
    dengan kehadiran blok ini ana dapat mengetahui dengan lebih lanjut tentang kelebihan solat dhua ini... syukran jazilan ana ucapkan...

    ReplyDelete